Kebaya Dan Filosofinya

Kebaya Jawa dan Filosofinya


Seperti yang kita tahu, kebaya adalah pakaian adat indonesia yang mendunia. Pakaian yang biasa digunakan perempuan jaman dulu untuk pakaian sehari-hari dan hari-hari khusus ini memiliki ke khasan sendiri. Dimana penggunanya akan terlihat anggun dan memiliki kharisma ketika menggunakannya. Pakaian yang terkenal di daerah pulau jawa ini ternyata punya jenis dan pola masing-masing untuk tiap daerahnya serta memiliki nilai filosofisnya sendiri.

1. Kebaya Jawa Barat

Untuk kebaya daerah Jawa Barat memiliki kelas-kelas sendiri. Dimana dulu ada strata sosial yang berlaku untuk mengatur masyarakat sosial sesuai dengan kelasnya. Untuk kaum ningrat (bangsawan), kebaya yang memberi kesan berwibawa pada penggunanya. Kaum menengah, memiliki corak sederhana yang akan memberikan aura cantik/tampan dan juga mempesona, dan untuk rakyat jelata tidak seperti julukannya, pakaian yang digunakan oleh rakyat jelata ini memberi kesan untuk menjunjung tinggi sebuah kehormatan atau mungkin lebih tepatnya harga diri yah. Tapi sekarang sudah tidak ada sistem strata sosial bagi pengguna kebaya ya gengs.

2. Kebaya Jawa Tengah

Karakter yang ditonjolkan dalam filosofi pakaian jawa tengan adalah sebuah kepatuhan, keanggunan, dan kelembutan. Ada nilai value yang tinggi yang diterapkan orang-orang jawa tengah. Mereka memiliki budaya yang sangat kental dibandingkan daerah daeerah lainnya di jawa.

3. Kebaya Daaerah Istimewa Yogyakarta

Ada nilai filosofis tinggi dibalik penggunaan pakaian adat Yogyakarta ini adalah agar seseorang bisa menjadi pribadi yang bisa menjaga dan menghargai diri sendiri. Dimana di Yogyakarta sebagai manusia kita harus bisa menutupi aib atau hal memalukan yang kita miliki dari orang orang lain. Sehingga orang lain tidak melecehkan atau menghina kita karena aib yang ada pada diri kita.

4. Kebaya Jawa Timur

Pakaian adat Jawa Timur ini memiliki model yang simple, tapi jangan salah pakaian adat Jawa Timur ini memberi kesan sopan loh ternyata. Iya karena para leluhur jawa timur dulu memberi nilai-nilai luhur yang mana sebagai seorang perempuan kita harus memiliki tindak tanduk yang sopan, tapi bukan hanya perempuan laki-laki pun sama, karena nenek moyang jawa timur terkenal memiliki nilai-nilai kesederhanaan yang ditanamkan pada penerusnya.

5. Kebaya Madura

Sudah tahukan bagaimana orang-orang madura? yak mereka suka menggunakan warna-warna yang cerah dan terkesan berani. Dan salah satu warna yang banyak digunakan oleh orang Madura adalah warna merah. baik laki-laki maupun perempuan semuanya menyukai warna merah ini. Begitu pula dengan pakaian adat Madura

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Raj dan Ishika

dampak buruk ketika amarah tidak dilepaskan bagi kesehatan tubuh